Rabu, 21 Oktober 2009

6 Langkah Menuju Bank Indonesia

Tidak banyak yang bisa saya ceritakan mengenai pengalaman saya mengikuti seleksi penerimaan pegawai Bank Indonesia (BI). Yang saya ingat, seleksi tersebut melibatkan 6 (enam) tahap seleksi mulai dari seleksi administrasi hingga wawancara. Beberapa hal yang bisa saya ceritakan mengenai masing-masing tahap seleksi tersebut akan saya paparkan di bawah.

Perlu saya ingatkan bahwa apa yang saya paparkan di sini mengacu pada pengalaman saya saat mengikuti seleksi penerimaan pegawai BI pada tahun 2007.

Seleksi Administrasi
Pertama, Seleksi Administrasi. Tahap seleksi ini dilakukan setelah para pelamar melakukan registrasi yang bersifat online. Kriteria kelulusan tentunya mengacu pada kriteria kelulusan dasar yang terkait dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) minimal, latar belakang pendidikan, dan umur untuk masing-masing jenjang pendidikan.

General Aptitude Test
Kedua, General Aptitude Test. Tes ini mencakup pengetahuan akademik dan pengetahuan umum. Isi tesnya mencakup Matematika, Bahasa Indonesia, dan soal-soal pengetahuan umum. Sebelum tes dimulai, panitia akan melakukan pemeriksaan terhadap berkas-berkas pelamar untuk melihat apakah data yang dimasukan saat registrasi online sama itu sesuai kenyataan atau tidak.

Ada beberapa pelamar yang harus meninggalkan ruangan tes karena berkas-berkasnya dianggap tidak valid. Saat itu, salah satu pelamar yang meninggalkan ruangan itu duduk di depan saya saat tes tersebut. Pengalaman yang cukup menegangkan mengingat itu adalah tahap seleksi pertama.

Tes Pengetahuan Tertulis
Ketiga, Tes Pengetahuan Tertulis. Tes ini merupakan Tes Pengetahuan Umum Perbankan dan Tes Disiplin Ilmu. Berhubung latar belakang pendidikan saya adalah Ilmu Komputer, soal-soal tentang algoritma pemrograman pun keluar. Selain algoritma pemrograman, ada juga beberapa soal yang menyinggung sisi bisnis dalam pengembangan aplikasi komputer; bahkan perangkat keras pun tidak luput ditanyakan.

Untuk Pengetahuan Umum Perbankan sangat sulit ditebak. Sepertinya lebih banyak pengetahuan ekonomi yang ditanyakan ketimbang pengetahuan perbankan itu sendiri. Untuk orang yang jarang bersentuhan dengan dunia perbankan seperti saya tentu sulit untuk menjawab soal-soal dalam tes ini.

Tes Bahasa Inggris dan Psikotes
Keempat, Tes Bahasa Inggris dan Psikotes. Tes Bahasa Inggris merupakan tes yang wajib diikuti oleh para pelamar bila tidak sanggup menyediakan sertifikat TOEFL dengan batas nilai yang sudah ditentukan. Saya terpaksa mengikuti tes ini karena saya memang tidak pernah mengambil ujian TOEFL atau sejenisnya.

Tes Psikotesnya sendiri sebenarnya cukup sederhana. Saya sudah beberapa kali mengikuti tes psikotes di beberapa seleksi. Kalau saya bandingkan dengan tes psikotes yang pernah saya lakukan, Tes Psikotes dalam seleksi penerimaan pegawai BI ini terbilang mudah dan tidak terlalu melelahkan.

Tes Pemeriksaan Kesehatan dan Psikiatri
Kelima, Tes Pemeriksaan Kesehatan dan Psikiatri. Untuk tes ini pelamar harus siap jasmani dan rohani. Tes Pemeriksaan Kesehatan dan Psikiatri ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelamar itu berbadan sehat dan berpikiran waras. Rangkaian pemeriksaan kesehatan dilakukan di RSPAD Gatot Subroto sementara tes Psikiatri dilakukan di tempat (dan juga hari) yang terpisah.

Wawancara
Keenam, Wawancara. Tahap ini adalah tahap terakhir dalam proses seleksi. Yang diuji tidak hanya kompetensi pelamar tapi juga kemampuan mempresentasikan diri masing-masing. Wawancara dilakukan oleh satu tim pewawancara berjumlah 4 orang.

Hanya itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai tahap proses seleksi penerimaan calon pegawai BI yang pernah saya lewati. Saya tegaskan kembali bahwa semua yang saya paparkan di atas mengacu pada pengalaman pertama saya mengikuti seleksi tersebut. Semoga yang saya paparkan di atas dapat membantu para pelamar untuk lebih bersiap diri.

Update (16 September 2012)
Berhubung tulisan ini terkait erat dengan pengalaman saya mengikuti seleksi penerimaan pegawai Bank Indonesia di tahun 2007, saya tidak lagi merasa kompeten menjawab pertanyaan yang diajukan. Oleh karena itu, bagian komentar untuk blog post ini saya tutup. Harap maklum.

221 komentar:

  1. kebetulan untuk kali ini saya ingin mencoba mengikuti tes seleksi PCPM BI 2009 dan bidang saya teknologi informasi. Ada saran2 ngga mas tentang materi tes tertulis/khusus nya karena saya baca di atas mas backgroundnya ilmu komputer, mungkin jika lolos adminsitrasi saya akan masuk kedalam jurusan ilmu komputer/informatika.

    thx

    BalasHapus
  2. Kalau saran yang khusus sih gak ada. Yang jelas saat itu Tes Disiplin Ilmu untuk pelamar berbau IT mencakup algoritma pemrograman, perangkat keras, dan sisi non-teknis (baca: bisnis) dalam pengembangan aplikasi komputer.

    Kalau kita memiliki cukup pengalaman dalam pengembangan software, saya rasa Tes Disiplin Ilmu ini akan mudah dilewati. Pengalaman saya saat itu adalah tes tersebut dapat saya kerjakan sekedar mengandalkan pengalaman.

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak sebelumnya telah mau membagi ceritanya.
    Saya mau tanya mas? proses untuk 6 langkah tersebut, menghabiskan waktu berapa lama yaa??? dan pada saat interview, menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia?? Terus apakah tes bahasa inggrisnya susah?? maklum mas, bahasa inggris saya pas-pasan. Thx

    BalasHapus
  4. Saya lupa persisnya berapa lama. Seingat saya hampir 6 bulan. Jarak antara seleksi yang satu dengan yang lain seingat saya paling tidak satu bulan.

    Tes bahasa Inggrisnya itu ITP TOEFL, yaitu tes TOEFL yang standarnya disesuaikan dengan instansi yang menyelenggarakan tes. Seingat saya tes ITP TOEFL saat itu ditangani oleh LMFEUI (Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia) yang memang merupakan panitia seleksi secara keseluruhan.

    BalasHapus
  5. Terima kasih Mas Amir yang telah berbaik hati meluangkan waktunya untuk memberikan rangkaian dan langkah2 tes yang diadakan oleh BI. Kebetulan saya juga sedang mempersiapkan untuk mengikuti tes seleksi PCPM BI 2009 dengan bidang keilmuan Hukum. Semoga saya bisa bergabung bersama mas Amir juga :) dan semoga Allah SWT membalas kebaikan Mas Amir, Amien..

    BalasHapus
  6. @Anonymous:
    Terima kasih atas doanya. Cuma doanya kurang tepat. Saya memang mengikuti proses seleksi MLE sampai tahap wawancara, tapi tidak lulus di tahap wawancara tersebut. Saat ini saya tidak bekerja di BI.

    Terlepas dari itu, saya doakan semoga Allah memberikan yang terbaik untuk Anda. Sayang namanya Anonymous. Doa saya jadi tidak bisa spesifik. Selamat berjuang. :)

    BalasHapus
  7. Sayang bgt yah boz...pdhal uda test terakhir..btw gmn perasaan boz saat tdk msk sementara sy aja yg lg coba agak was-2 apakah dipanggil utk tahap pertama ikut test...btw di low BI tdk ada sistem akreditasi kampus spt di PNS laiinya..apakah itu benar boz? atau mereka menerapkan kampus yg terakreditasi jg?? thks

    Rinto

    BalasHapus
  8. Gagal di wawancara lumayan membuat saya kecewa, tapi hidup saya terus berjalan kok. Kalau masalah akreditasi saya tidak begitu tahu.

    Selamat mengikuti proses seleksi. :)

    BalasHapus
  9. mas...gawe di pajak juga ya....

    BalasHapus
  10. Iya, saya kerja di pajak.

    BalasHapus
  11. Halo Mas Amir, salam kenal.
    Saya baru mendengar PCPM BI baru - baru ini.
    Nah, saya hendak mengikuti PCPM tahun 2010 kira - kira diadakan lagi kapan ya ?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  12. Waduh, saya kurang tahu. Saya sendiri sebelumnya mendapat informasi lowongan di Bank Indonesia itu lewat salah seorang teman saya yang sudah bekerja di situ. Satu hal yang saya tahu, biasanya kalau ada lowongan PCPM itu akan diumumkan bagian Berita situs Bank Indonesia di sini: http://www.bi.go.id/web/id/Ruang+Media/Berita/. Tapi tetap saja lebih jitu kalau ada "orang dalam". :)

    BalasHapus
  13. sekedar sharing saja, kata profesor dosen, klu mau kerja ke bi, jurusan di perguruan tinggi harus terakreditasi A, dan ipk minimal 3,00, dosen yg ngasih tau, beliau biasa menyiapkan para mahasiswa yg mau tes ke bi, semoga bermanfaat.:)) kenalkan sy yoyok (matematika ipb 2009)

    BalasHapus
  14. @yoyok:
    Terima kasih atas tambahan informasinya.

    BalasHapus
  15. mas amir thanks sebelumnya, saya ika. kebetulan juga lagi nunggu pcpmxxx BI. btw, taun lalu dah nyoba tp gagal lgsng wktu administrasi awal. pdhal menurut saya uda sesuai kriteria hehehe.. btw, yg diliat banget itu apa y wkt seleksi adm itu?? thx b4

    BalasHapus
  16. Informasi yang saya punya hanya sebatas yang saya paparkan di atas. Kriteria seleksi secara spesifik saya sendiri tidak tahu. Maaf kalau kurang membantu.

    BalasHapus
  17. mas waktu wawancara akhir itu menggunakan bahasa indonesia atau inggris mas? pertanyaannya meliputi apa saja

    BalasHapus
  18. Waktu wawancara menggunakan bahasa Indonesia. Pertanyaannya spesifik ke kompetensi teknis dan pengalaman saya dalam urusan Data Warehouse. Waktu itu saya ikut MLE. Jadi pertanyaannya memang spesifik. Kalau PCPM, setahu saya, pertanyaannya lebih umum dan tidak spesifik ke kompetensi teknis bidang tertentu.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  19. mas, untuk wawancara akhir dilakukan terpusat di jakarta atau di kota2 cabang BI mas? tks

    BalasHapus
  20. Maaf. Untuk lokasi wawancara saya kurang tahu. Waktu saya wawancara untuk posisi MLE dilakukan di Jakarta.

    BalasHapus
  21. mas kalo tes kesehatan tahapannya apa j?
    terima kasih sebelumnya,,

    BalasHapus
  22. Waktu saya mengikuti proses seleksi, tes kesehatan itu mengikuti prosedur standar RSPAD Gatot Subroto, misalnya tes darah, urine, dll. Saya agak lupa persisnya apa aja yang dites.

    BalasHapus
  23. mas kalo test psikiatri itu ngapain aja ya mas??

    thank you.. ane lagi mau test psikiatri untuk recruitment 2011

    mohon bantuannya :D

    BalasHapus
  24. Tes psikiatri itu tes psikologi peserta. Waktu saya ikuti tes ini dulu, tes psikiatri ini menanyakan hal-hal yang terkait kepribadian. Dalam soal-soalnya kita diminta memilih jawaban yang cocok dengan karakter kita. Misalnya dalam suatu situasi X, kita diharuskan memilih tindakan yang akan kita lakukan dari beberapa pilihan.

    Semoga jelas.

    BalasHapus
  25. mas klo pas wawancara akhir kita disuruh ngapain aja?

    BalasHapus
  26. Kalau saya pribadi ditanya berbagai hal tentang pengalaman kerja. Saya rasa itu karena saya ikut MLE. MLE itu mencari tenaga siap pakai. Saya rasa berbeda dengan hal-hal yang ditanyakan di jalur PCPM.

    BalasHapus
  27. mas maaf mau nanya tes psikiatri ituh brp bnyk soalnya ? mengenai apa saja? minta tips2nya mas, terimakasih

    BalasHapus
  28. Seingat saya tes psikiatri itu jumlahnya 100 soal dan harus diselesaikan dalam waktu 2 jam. Soalnya seputar kepribadian kita. Misalnya menanyakan mana di antara piliha yang tersedia yang cocok dengan diri kita atau menanyakan sikap kita terhadap suatu kondisi berdasarkan pilihan yang ada.

    Tipsnya hanya dua dari saya, yaitu jujur dan konsisten. Kalau sulit untuk terus terang (jujur), paling tidak coba untuk konsisten dalam memilih jawaban. Tapi cara paling mudah untuk konsisten tentunya dengan bersikap jujur. Selanjutnya terserah yang ikut tes. :D

    BalasHapus
  29. mas,tes psikiatri ituh pure ttg kepribadian kita yak? ga da disuruh gambar2 hehee. mksh bnyk mas.

    BalasHapus
  30. Kayaknya ketuker sama psikotes deh. Kalau psikiatri itu murni psikologi. Setidaknya itu yang saya alami sendiri. Seperti yang saya paparkan di atas, ada psikotes dan ada psikiatri. Kedua tes itu berbeda.

    BalasHapus
  31. mas,sy infokan jg untuk tes bi untuk angkatan ini setelah tes wawancara dg psikolog dan jg tes tertulis,tes selanjutnya adalah test psikiatri. dan apabila dinyatakan lolos pada test psikiatri ini akan dilanjutkan tes kesehatan.

    apakah dulu jg seperti itu mas?apakah pengumuman lolos tes psikiatri jg akan langsung diumumkan pada hari itu juga.

    dulu diinformasikan jumlah yg dibutuhkan atau tdk mas?
    terimakasih atas infonya...

    BalasHapus
  32. Pas saya ikut dulu sih seingat saya tes kesehatan dulu baru tes psikiatri. Tidak ada wawancara dengan psikolog. Hasil tes psikiatri tidak langsung diumumkan, tapi saya tidak ingat berapa lama sebelum hasilnya diumumkan.

    Seingat sya sih jumlah orang yang dibutuhkan untuk setiap posisi itu diumumkan. Paling tidak untuk MLE itu diumumkan. Saya kurang ingat untuk jalur PCPM.

    BalasHapus
  33. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas infonya tetapi saya juga ingin menanyakan kaitanya dengan wawancara karena saya jurusan teknik mesin kira2 pertanyaannya akan dominan ke bidang komputer ngk? karena bagi saya cukup kewalahan nantinya untuk itu saya akan mempersiapkan strateginya. terima kasih

    BalasHapus
  34. Setahu saya pertanyaan-pertanyaan di wawancara PCPM tidak spesifik ke kompetensi yanf diperlukan. Pertanyaannya lebih umum bila dibandingkan dengan wawancara MLE. Di wawancara MLE yang ditanyakan HANYA pengetahuan dan pengalaman yang terkait lowongan yang dibutuhkan.

    Maaf kalau kurang membantu. Semoga berhasil.

    BalasHapus
  35. wah nice blog mas....minta doanya yah mas lagi ikut test BI PTU...udah tahap psikiatri....walau nggak kenal...tapi sesama umatnya nabi muhammad..aminn..salam kenal mas saya abi

    BalasHapus
  36. mas abi,kebetulan sy jg ikut tes BI PTU..
    dari kota mana n jurusannya ap mas?dpt jdwal tes kpn?

    smoga kita bs sm2 sukses yah..AMIINN..

    blog nya mas Amir bermanfaat 1x,,terima kasih mas..mgkin dulu mas Amir untuk yg S1 y?kalau yg PTU ini untuk D3 mas

    BalasHapus
  37. @Abi:
    Salam kenal dan sukses ya.

    @dheeta:
    Iya. Saya dulu ikut jalur S1. PTU untuk D3 ini mulai seleksinya dari tahun lalu kan ya?

    @Semuanya:
    Setelah psikiatri lanjut wawancara ya? Semoga sukses dan diterima di BI ya.

    BalasHapus
  38. Haloo Mas saya yudie,
    salah satu peserta dari daerah banjarmasin yg dinyatakan Lulus tahapan Ke IV kemarin..
    jadi mas setelah tes Psikitri dan kesehatan nanti bakal di lanjutin dengan wawancara lagi yaa mas ?

    dan atas perhatiannyaa terima kasih..
    ^_^

    BalasHapus
  39. @dian : aminnn.

    saya dari Jakarta. test minggu ini tanggal 27 ini,

    ente dari mana gan??

    tulisan tentang rekrutmen BI membantu mas amir...thank u

    BalasHapus
  40. Kalau dah kebanyakan Anonim jadi bingung siapa yang mana nih. Untung ada yang ninggalin nama di komentarnya.

    @yudie:
    Setahu saya psikiatri itu tahap terakhir sebelum wawancara dengan user. Setelah wawancara biasanya dilanjutkan dengan makan-makan. :D

    Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar. Senang bisa membantu teman-teman semua. Paling tidak memang itu harapan saya saat membuat tulisan ini.

    BalasHapus
  41. @amir: dl jarak antara interview akhir dan pengumuman diterimanya brp lama y mas?
    kebaikan mas Amir pasti akan dibalas oleh Yang Maha Kuasa...

    iy,,spertinya emg dr thun lalu PTU ada..

    @abi: ane dr smrg gan,,

    BalasHapus
  42. Haloo mass @amir makasih atas infonya..
    ini saya yudie lagi..
    sudah pasti mas, setelah acara pasti dilanjutin dng makan2, tp biasanyaa sebelum makan Berdoa dulu, hihihihihihi...

    untuk mas @amir, agan2 dan sista.
    ada yg tau gaa Rekrutmen BI untuk tahun ini yg dicari berapa banyak ?

    oh yaa atas perhatiannyaa saya ucapkan Terima kasih...
    ^_^

    BalasHapus
  43. Makasi mas amir buat infonya..
    Sy jg kbtulan lulus tahap ke IV kmaren,tgl 27 ini tes psikiatri,br kalo lulus lg lnjut ke tes kesehatan..ad tips u/ kedua tes tsb ga mas? Trims sblmnya -joe-

    BalasHapus
  44. Untuk tes psikiatri itu yang penting adalah konsisten. Seingat saya soal-soal yang ditanyakan itu berulang. Jadi yang ditanyakan di bagian awal kemungkinan muncul lagi di belakang, tapi dengan pilihan jawaban yang berbeda (baca: ditukar posisinya). Dari sini saya simpulkan bahwa yang paling penting untuk tes psikiatri ini adalah konsisten dengan jawaban. Dan seperti yang sudah saya katakan di komentar sebelumnya, cara untuk konsisten yang paling mudah adalah jujur. Jangan mereka-reka jawaban.

    Kalau untuk tes kesehatan, saya gak bisa kasih tips apa pun. Yang pasti jangan sampai sakit aja pas tes kesehatan. Mungkin bisa dibantu dengan menjaga pola makan, istirahat yang cukup, makan dan minum yang lebih bergizi, dll. Yang saya lakukan dulu seperti itu. Tidak ada yang istimewa.

    BalasHapus
  45. wahhh thank you banget mas infonya sangat membantu!!!

    thank youuuu sooo muuucccchh ^_^

    BalasHapus
  46. Ass... perkenalkan nama saya nina, blog y bermanfaat skali mas, karena saya sedang nyari info u/ tes psikiatri besok tgl 27 di BI jd mampir ke blog nya mas... sedikit banyak info y membantu..

    BalasHapus
  47. haloo gan/sistaa...
    gimana dengan tess nyaa ?
    share ke sini donk...
    ^_^

    BalasHapus
  48. mw nanya mas....klo hbs tes psikiatri kira2 pengumumannya brp lama ya?mksh u/ infonya...

    BalasHapus
  49. Maaf, saya kurang tahu. Saya juga sudah lupa jangka waktu pengumuman-pengumuman hasil tes saat saya ikut seleksi dulu.

    BalasHapus
  50. Mas/mba smua yg ikut tes psikiatri tgl 27 feb kmaren,ada yg tau ga kpn pengumumannya?trims sblmnya.

    BalasHapus
  51. ira,...
    untuk daerah jakarta,yogya,kediri,.
    kayaknya uda keluar tuh pengumumannya,..

    mas amir,..waktu tes wawancara akhir ada gk kira2 ditanya seputar bank indonesia,.atau lebih mengarah sesuai dengan bagian yg dipilih waktu rekrutmen,..
    mksh ya mas

    BalasHapus
  52. Kalau pengalaman saya sih gak ditanya seputar BI, tapi justru ditanya apa yang bisa saya lakukan untuk BI. Pertanyaannya teknis sih. Mungkin karena saya ikut jalur MLE, pertanyaannya spesifik ke kompetensi dan pengalaman.

    Kalau jalur selain MLE sih saya kurang tau. Saya sarankan bertanya pada orang yang mengikuti jalur rekrutmen yang sama. Saya yakin, khususnya untuk wawancara, masing-masing jalur berbeda.

    Terlepas dari itu, saya sarankan baca-baca tentang BI. Mengetahui banyak hal tentang instansi tempat kita melamar pekerjaan adalah hal yang positif. Apalagi kalau kita bisa gali informasi tentang pilihan bagian kita, kita bisa melatih kata-kata yang tepat untuk menonjolkan nilai kita saat wawancara.

    BalasHapus
  53. gmn nih rekan2 smua,,sdh liat pengum nya khan?

    Selamat y bagi yg sudah lo2s,,,yg belum lo2s tetap smangat yahhh bwat menatap hari esok,,masi bnyak ksempatan ..

    btw,bs berbagi info donk bagi yg sudah lo2s untuk tes kesehatan dijadwalkan tgl brp ni?
    kebetulan untuk kota saya blm ada pengumumannya...

    thx before..

    BalasHapus
  54. maaf rekan2 semuaa...
    gmn nee siapa yang lolos test kesehatan...
    wawancara akhir mank d jateng ditemapatkan di kantor BI semarang semua yaaa ??
    mohon infonya bagi yang lolos...
    slm knl Handy....:)

    BalasHapus
  55. perkenalkan ane cheche..
    blog mas Amir ini sangat menbantu,,
    thank info nya

    BalasHapus
  56. Salam kenal, Cheche. Senang bisa membantu.

    BalasHapus
  57. salam kenal mas amir ..
    baca2 komen diatas,mas Amir dr jalur MLE.kbetulan skr da low jalur MLE.mohon pecerahannya ya mas.MLE itu gol brp yah?PCPM kan gol 3.
    Kmd klo berhasil masuk,kira2 brp y THPnya?trus jenjang karirnya gmn mas?maklum sy org teknik,jd ga mungkin kan sampe posisi mentok di perbankkan..
    nah klo diterima kan ada masa orientasi tuh..klo gagal ditendang keluar ato gmn mas?
    utk info, sy ada dua pilihan antara analis logistik muda ato pelaksanan logistik muda.mana yg lebih bagus mas..
    maaf banyak banget pertanyaannya..hehe..:))

    BalasHapus
  58. mas saya mau tanya berdasarkan pengalaman mas amir bisa ga kalau pakai SKTL ikut di bi? karena saya baru lulus jadi ijazah belum keluar dan SKTL itu lah pengganti ijazah asli.

    BalasHapus
  59. @goen:
    Maaf sebelumnya. Saya tidak berhasil masuk BI. Saya gagal saat wawancara. Jadi, saya tidak bisa menjawab satu pun pertanyaan kamu. Maaf sekali lagi.

    @ifa:
    Saya kurang tahu apakah SKTL itu bisa menggantikan ijazah atau tidak. Dicoba saja dulu. Kalau memang tidak bisa, paling tidak kamu sudah berusaha.

    BalasHapus
  60. Selamat Siang Mas @Amir, Perkenalkan saya salah satu calon peserta tes PCPM, sebelumnya mengucapkan terimakasih sekali untuk blog nya sangat membantu memberikan gambaran awal untuk saya yang masih blank dengan tes masuk BI. Mohon maaf mau tanya, untuk referensi soal soalnya bisa diperoleh dimana ya? buku atau link download dll begitu? Mohon Pencerahannya. Terimakasih Sekali, semoga selalu sukses di semua lini kehidupan Mas @Amir, Amien.

    BalasHapus
  61. Untuk Tes Psikotes saya hanya latihan lewat buku-buku latihan Psikotes yang umum saja. Untuk buku-buku yang ini saya beli di Gramedia. Untuk Tes Bahasa Inggris coba cari paket latihan TOEFL ITP. Kebetulan saya sendiri tidak pakai persiapan khusus untuk Tes Bahasa Inggris. Jadi, saya tidak bisa rekomendasikan apa pun. Di luar kedua tes tersebut, seperti Tes Pengetahuan Umum dan Tes Psikiatri, saya tidak tahu sama sekali. Modal saya pada dasarnya cuma keberanian dan kejujuran saja. :D

    Semoga sukses di tes PCPM-nya ya, Mas/Mbak Anonim.

    BalasHapus
  62. Hai mas Amir salam kenal saya Mia...
    Seneng baca blognya...
    Mas Amir sih meskipun ngga di BI tapi termasuk orang hebat, sudah dipajak...

    Mau tanya mas, apa kalau test awal itu (kemampuan umum, pengetahuan umum n khusus) banyak mengarah ke jurusan kuliah kita yaa? Soalnya saya mau ikutan PCPM tapi lupa2 ngga ingat sama kuliah ekonomi saya... Itu pure ttg umum atau ada hubungan ttg perbankan? Saya bondo nekad nih ikutan BI.. :)

    Mohon info yaa.. Kalau boleh, minta alamat emailnya.. Terimakasih

    BalasHapus
  63. Salam kenal, Mia. Terima kasih sudah mampir dan memberikan komentar. Seperti yang saya paparkan di atas, tes yang mengarah ke jurusan kuliah kita ada di Tes Pengetahuan Tertulis. Saat saya ikut tes dulu, soal-soal di dalam tes ini kombinasi dari pengetahuan perbankan, ekonomi, dan komputer. Kalau untuk jurusan ekonomi mungkin akan lebih banyak lagi soal-soal tentang perbankan dan ekonominya.

    Tapi perlu saya tegaskan kalau itu adalah pengalaman saya di tahun 2009. Itu pun saya mengikuti seleksi MLE, bukan PCPM. Jadi kemungkinannya besar kalau komposisi soalnya akan berbeda. Kalau soal nekad sih sama. Dulu pun saya ikut seleksi BI tanpa beban, tapi entah kenapa pahit juga waktu gagal di wawancara. :D

    BalasHapus
  64. salam kenal mas amir sy ela sy juga ikutan pcpm bi yg 2012 ini sudah dftr online buat administrasi dan barusan disms dr pcpm suruh buka webnya gitu cuma webnya eror trus.. Sy pernah magang di BI Bandung sebelumnya dan memang yang kerja di BI itu orang2 terpilih banget berkualitas semua... jadi mas hebat kalau sudah smpi tahap terakhir... sy agak pesimis nie mas soalnya susah banget msk bi tp ya sy usaha sedikit2 belajar2 soal psikotes dan ekonom, yg pntg sy usaha aja mas sapa tau dapat.. sy rada trauma sm tes psikotes sie soalnya sy pernah ikut tes BDP BCA ga lulus pdhl sy sudah belajar mati2an itu buat tes, tp saking tegangnya saya sy smp ngitung jarak ajah lama bgt krna takut slh akibatnya waktunya keburu abis blm jwb semua pertanyaan... haah lsgsung nagis abis itu soalnya udh belajar sebelumnya ngerasa bisa tau2nya payah.. he.. tp sy ttp semangat buat nyari kerja yang penting usaha dan semangat InsyaAllah ada jalan... semoga sukses buat yg ikutan pcpm BI...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, webnya error melulu dari kemarin. Saya dapat info ini dari peserta PCPM yang lain. Mungkin servernya gak kuat handle akses yang banyak. Mengecewakan juga tuh. Tahap awal aja udah bikin geregetan. :)

      Kalau soal psikotes sih yang utama memang masalah ketenangan, Mbak Ela. Waktu saya tes juga itu menjadi perhatian saya yang utama. Saya makan yang cukup supaya gak kelaparan, ke toilet supaya gak perlu nahan panggilan alam, dan berhenti latihan 1 atau 2 hari sebelum psikotes. Intinya sih biar saya tenang pas ujian.

      Masalah waktu juga perlu diperhatikan. Sesekali lihat jam pas ujian biar gak kelamaan di satu soal. Yang penting kan semua soal dicoba dulu supaya yang gampang-gampang bisa kita kerjakan semua. Intinya sih membagi waktu antara satu soal dengan yang lain.

      Tetap semangat, Mbak Ela. Semoga pengalamannya di seleksi BCA bisa jadi bekal untuk bertahan samapi akhir di BI ini. Good luck ya. Kabar-kabari kalau udah berhasil cek pengumiman di webnya. :)

      Hapus
    2. hai.mas amir..salam kenal yaa,,saya citra,saya baru ikut seleksi tahun 2012 ini,awalnya sih iseng-iseng aja,eh taunya lolos seleksi administrasi,kebetulan background saya hukum, kira-kira soal yang akan keluar nanti tes semua bidang ya?
      kira-kira lama tes nya berapa jam ya mas untuk tahap awal setelah seleksi administrasi?
      terima kasih sebelumnya :)

      Hapus
    3. Hi, Mbak Citra.

      Kalau untuk tes, biasanya ada untuk semua bidang. Saya sendiri waktu ikut seleksi juga ada tes yang terkait dengan bidang saya. Kalau masalah durasi, saya gak bisa jawab. Saya ikut seleksi tahun 2007 sebagaimana saya tegaskan di atas. Jadi ya saya lupa durasi masing-masing tesnya. Belum lagi format tes tahun ini sangat mungkin berbeda dengan saat saya ikut seleksi dulu.

      Hapus
  65. mas amir, numpang nanya,
    dokumen2 yang ga valid rata di apa ya?
    saya ngisi Toefl score sekian, padahal ikutnya EPT.
    kira2 disuruh keluar ga ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau valid tidaknya dokumen sudah pasti saya tidak tahu, Mas/Mbak Anonim. Masalah seperti ini kan seharusnya bersifat tertutup dan hanya diketahui panitia saja. Kalau memang sudah lolos seleksi administrasi sebaiknya lanjut saja dengan EPT-nya. Kalau memang EPT-nya tidak diterima, siapa tahu Mas/Mbak Anonim bisa diikutkan tes TOEFL yang diselenggarakan panitia.

      Hapus
    2. idem nih. saya juga pake EPT. cuma pas tes pertamina, saya juga pake EPT dan itu lolos2 aja

      Hapus
  66. Mas amir, numpang tanya yah?
    saya iktn PCPM BI, itu kn minimal pendidikan s1, aku pkai s2.
    tapi masalah saya IPK s1 ku dibawah 3, s2 ku diatas 3.6 jadi kira2 apa waktu verifikasi dokumen saya diloloskan?
    satu lagi s1 ku teknik, s2 ku ekonomi, ku ambil PCPM yang ekonomi,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu. Di persyaratannya sih cuma ada keterangan IPK minimal 3 kan? Gak jelas apakah minimal 3 itu di S2 saja atau S1 dan S2. Gak langsung cek pengumumannya aja?

      Hapus
    2. iya itu ya mas, keterangannya gk jelas, udah ku cek, cuma IPK 3 gt aja.
      tapi seingat saya waktu reg.OL , yang ditulis, ada keterangan, IPK pendidikan terakhir, Moga saja saya benar, soalnya pernah pengalamn juga, di diskualifikasi disalah satu tes BUMN.
      Ket. Pendidikan Min. s1 Ekonomi IPK 3.25
      Ku pakai S2 Ekonomi, waktu REG OL lolos, tp Verifikasi g lolos,
      pendidikanku g linear soalna,
      Bismillahh aja sudah.

      Hapus
    3. Mas tanya lagi, ini yang bikin deg2an kepikiran bgt,..
      heeeheeheee
      DISKUSI KELOMPOKNYA PKAI ENGLISH g?
      kl interview, insaallahh, no problemo,tp kl udh diskusi ENGLISH, waduhh..:)
      soalnya wkt diskusi jg perlu control emosi,

      Hapus
    4. Semoga saja di BI ini beneran yang dilihat cuma IPK pendidikan terakhir ya. Sayang juga kalau dah sampai lokasi tes harus pergi tanpa tes sama sekali. Seperti yang saya ceritakan di atas, saya lihat sendiri tuh pelamar yang terpaksa meninggalkan ruangan tes karena dokumennya dianggap tidak valid. Kalau saya sih rasanya ngenes banget.

      Dulu waktu saya ikut seleksi, satu-satunya tes yang pakai bahasa Inggris ya tes TOEFL-nya. Diskusi kelompok dan wawancara sekalipun tetap pakai bahasa Indonesia. Kalau sampai diskusi kelompok pakai bahasa Inggris kayaknya malah tidak sesuai tujuan ya. Soalnya kan yang diukur itu kemampuan berpikir dan berkomunikasi, bukan kemampuan menggunakan bahasa Inggris.

      Hapus
  67. mas amir salam kenal,,saya anggi saya mau bertanya :

    1. dokumen yang tidak valid itu contohnya yang bagaimana mas??
    saya lupa apakah wewaktu reg online memasukkan pengalaman kerja saya atau tidak,sementara di form cv yanga harus dibawa saat test ada kolom pengelaman bekerja,apakah itu saya isi saja atau tidak ya?saya punya pengalaman bekerja

    2. saya s1 tapi trasferan dari d3,,reg online dulu saya hanya memasukkan s1 saja tapi itukan tahun nya hanya 2009-2011 karena 2006-2009 saya d3...apakah di form cv saya perlu tambahkan rowayat pendidikan d3 saya?soalnya tidak ada pilihan itu..yang ada perguruan tinggi,pasca sarjana,doktoral,,

    terima kasih bahyak ya mas,,,sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Valid tidaknya dokumen itu ditentukan oleh panitia. Informasi ini seharusnya bersifat tertutup. Jadi, orang luar seperti saya tidak mungkin (dan tidak selayaknya) tahu kriterianya.

      Kalau saya jadi Anggi, saya tetap akan masukan pengalaman kerja saya di CV; terutama pengalaman kerja yang relevan. Kemungkinan besar pengalaman kerja ini dapat menjadi nilai tambah Anggi di mata penilai. Tapi kalau mau cari aman sebaiknya isi CV dibuat sinkron dengan isi form registrasi.

      Untuk riwayat pendidikan, isi saja sesuai kenyataan. Jadi, Anggi isi saja pendidikan S1 Anggi di riwayat pendidikan itu. Saat verifikasi kelengkapan dokumen nanti, Angi sertakan juga ijazah D3 Anggi sebagai pelengkap.

      Itu saja yang bisa saya sarankan. Sukses ya, Anggi.

      Hapus
  68. Selamat Malam Mas...Untuk test tahap II, katanya ada syarat menunjukkan bukti sertifikat sebagai bukti. Nah yang ingin saya tanyakan yaitu :

    Saya pernah mengisi registrasi on-line bagian pengalaman organisasi dan pemenang lomba cerpen, tetapi saya tidak punya sertifikat pengalaman organisasi dan pemenang lomba cerpen tersebut. Apakah saya akan gugur dalam test tahap II besok jika tidak bisa menunjukkan sertifikat-sertikiat tersebut ??
    Terima kAsih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa sertifikat yang wajib disiapkan itu hanya yang relevan dengan pengalaman kerja saja. Untuk pengalaman organisasi atau lomba sepertinya tidak perlu pembuktian sejauh itu. Kalau kita mencantumkan sertifikat di dalam Daftar Riwayat Hidup kita, fotokopi sertifikatnya perlu kita siapkan untuk verifikasi. Sama halnya dengan Sertifikat TOEFL ITP kalau kita mencantumkan skor kita saat registrasi.

      Itu saja masukan dari saya. Sukses ya.

      Hapus
    2. "Kalau kita mencantumkan sertifikat di dalam Daftar Riwayat Hidup kita, fotokopi sertifikatnya perlu kita siapkan untuk verifikasi" Kolom bagian apa aj ya mas Amir yang dimintai sertikatnya pd Daftar Riwayat Hidup? makasih :D

      Hapus
    3. Kalau saya pribadi, saya hanya akan menyiapkan sertifikat yang memang saya cantumkan di isian Sertifikat saja; kecuali memang ada ketentuan spesifik seperti sertifikat TOEFL ITP.

      Hapus
  69. salam kenal mas amir sya noneng. saya mau nanya.untuk tes pengetahuan umum dan pengetahuan khusus itu seperti gimana?
    mohon konfirmasinya...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal. Untuk Tes Pengetahuan Umum itu saya tidak ingat detailnya. Kalau untuk Tes Pengetahuan Khusus itu kemungkinan isinya soal-soal yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kita.

      Itu saja yang saya tahu. Maaf kalau kurang membantu.

      Hapus
  70. salam kenal mas amir,sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas informasinya.sangat membantu saya, tapi saya ingin bertanya sedikit tentang tes kemampuan khusus itu gimana ya?dan data tidak valid itu bagaimana??soalnya waktu registrasi saya masukkan score ITP TOEFL test tapi scorenya gak nyampe 500,apa sebaiknya di form CV juga saya cantumkan score tsb?mohon sarannya. terima kasih sebelumnya mas amir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Saya tidak terlalu tahu isi tesnya, tapi DUGAAN saya Tes Kemampuan Khusus itu soal-soalnya akan terkait dengan latar belakang pendidikan kita.

      2. Untuk valid tidaknya data seseorang itu saya lebih gak tahu lagi karena ini rahasia dapur panitia seleksi. Yang bisa menjawab tentunya hanya orang-orang yang pernah ditolak saat verifikasi dokumen.

      3. Kalau skor ITP TOEFL di bawah 500, sebaiknya tidak dicantumkan. Dengan begitu, Mas/Mbak Anonim akan diikutkan tes yang diselenggarakan panitia.

      Itu saja dari saya. Semoga membantu.

      Hapus
  71. salam kenal,,,,

    Hmm biasanya surat pernyataannya itu ditulis tangan atau ketik ya????
    untuk test bhs inggrisnya susah ga sey!!!


    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal.

      Template Surat Pernyataannya bisa di-download kan? Lebih baik template surat pernyataan itu diisi langsung sebelum dicetak. Maksudnya supaya terlihat lebih rapi.

      Untuk tingkat kesulitan Tes Bahasa Inggris (awal) saya kurang tahu, tapi sepertinya tingkat kesulitannya ada di bawah Tes ITP TOEFL. Kayaknya tes awal itu dirancang untuk menyaring pelamar yang memang tidak layak ikut ITP TOEFL.

      Sukses ya.

      Hapus
    2. Sore Mas Amir,

      Makasi dah mau sharing pengalaman. Mo nanya2 dikit nih.
      1. Untuk legalisir ijasah+transkrip itu yg dikumpulkan cm ijasah terakhir aja kan? Bukan dari SD? heheheh..Efek dari takut ditolak

      2. Untuk seleksi tahap I susah ga sih? Soal2nya byk ya? Kl dari jurusan akuntansi mgkn seputar ekonomi gitu yaa?

      Thx b4
      Salam dari tyas

      Hapus
    3. Salam, Tyas.

      1. SD, SMP, dan SMA biasanya gak diminta tuh. :)

      2. Kalau detail soal saya gak bisa banyak cerita. Kalau jumlah soal seingat saya sih standar. Waktu saya tes dulu juga seingat saya tidak terlalu lama.

      3. Kalau untuk jurusan Akuntansi saya kurang tahu. Saya sendiri melamar ke BI di bidang IT dan soal-soal yang keluar ada yang IT banget. :)

      Hapus
  72. ass mas amir
    saya mau tnya..
    waktu registrasi online saya mengisi bagian sertifikat dengan sertifikat ijasah S1 dan transkrip nilai saya karena pas waktu itu saya mengira kalau sertifikat itu ijasa dan transkrip nilai..
    apakah itu berpengaruh nnti saat verifikasi..?
    mohon bantuannya mas amir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.

      Kalau saya jadi panitianya sih saya anggap itu human-error aja, Mas/Mbak. Yang penting kan IPK dan ijazah sesuai ketentuan. Selanjutnya tinggal cross-check isian IPK dan ijazah saat registrasi dengan buktinya.

      Jadi, kalau saya jadi Mas/Mbak Anonim, saya berpikir positif saja saat maju ke tahap verifikasi dokumen. Semoga saja panitia yang melakukan verifikasi dokumen itu bukan tipe orang yang mencari celah kesalahan kita.

      Itu saja dari saya. Semangat dan sukses selalu. :)

      Hapus
    2. Asslm..selamat sore mas amir..perkenalkan nama saya ical..almdlh sy tlh lolos seleksi administrasi PCPM BI..Sblmny trims karena tulisan mas sngt brmnfaat..ada yg ingin sy tanyakan mas perihal sertifikat atau surat referensi terkait yg ada d form registrasi dan di form CV itu mksdny apa yah mas?
      Mksh...

      Hapus
    3. Setahu saya yang dimaksud dengan sertifikat itu seperti sertifikat dari lembaga training atau sertifikat seminar yang bisa menjadi nilai tambah profesi kita. Kalau surat referensi itu sepertinya dimaksudkan untuk surat referensi yang didapat dari perusahaan tempat kita bekerja sebelumnya atau mungkin saja dari dosen/profesor tempat kita kuliah sebelumnya. Hanya itu yang terbayang dalam benak saya.

      Hapus
    4. 1. Berarti sertifikat atau surat referensi terkait itu maksudnya bukan sertifikat Organisasi, Pengalaman Kerja, Riwayat Penelitian dan Riwayat Prestasi ya Mas Amir ?

      2. Bagaiamana form saat registrasi On-Line yang kita isi itu berbeda dengan DAFTAR RIWAYAT HIDUP ??? Misalnya pada registrasi On-Line saya pernah menulis pengalaman organisasi di PKBI, tapi saat mengisi data di Daftar Riwayat Hidup organisasi di PKBI tidak saya tulis ? apakah itu berpengaruh karena data yang kita tulis tidak sama ?

      --ZARA--Makasih :) :)

      Hapus
    5. 1. Kalau memang ada, sekalian saja dilengkapi. Menurut saya sih lebih lengkap dokumen yang kita serahkan itu lebih baik.

      2. Kalau saya pribadi, saya akan usahakan isi Daftar Riwayat Hidup itu minimal sama atau lebih lengkap dari isian registrasi online.

      Itu saja saran dari saya.

      Hapus
  73. mas amir, perkenalkan saya Mamam,, mau tanya mas. pas verifikasi keaslian dokumen. kalau ijazah saya masih di perusahaan tempat saya kerja sebelumnya gmana y mas? apakah ada kebijakan dari panitia mungkin dengan surat pernyataan atau gmna, soalnya ijazah saya belum bisa di ambil karena belum tiga bulan setelah resign, sedangkan jadwal dri panitia untuk verifikasi kurang dari 3 bulan.. terima kasih sebelumnya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alternatif yang terbayang dalam kondisi itu hanya dua, Mas Mamam. Pertama, minta surat keterangan dari kampus. Kedua, pinjam ijazah dari perusahaan yang lama dan difotokopi. Selanjutnya fotokopinya itu langsung dilegalisir di kampus. Hanya itu yang bisa saya sarankan.

      Hapus
    2. kalau yang itu saya sudah punya mas,,,ini soalnya gini, kan yg diminta panitia ijazah yang Asli..
      dan yang asli itu masih dperusahaan gitu mas...

      sekalian boleh tahu pengalaman mas dulu pas verifikasi keaslian dokumen? ada kasus yang seperti saya ndak mas..?
      terima kasih sebelumnya..

      Hapus
    3. maju aja bos... bismillah.. kan masih ada transkrip nilai yg Asli yang bisa kita bawa dan di tunjukkan, logikanya klo ada transkrip asli audah pasti juga ada ijazahnya... maju aja.. soalnya kasus saya juga sama :) salam kenal...semoga sukses lolos smua tahapan tes dan ketrima di Bank Indonesia..Amiinn

      Hapus
    4. kalau sy transkip asli belum keluar. trus saya pk "transkrip sementara" tapi hanya dibubuhi tanda tangan dosen wali n cap dari jurusan ? kira-kira valid tidak ya mas berhubung yang diminta berupa legalisir asli dengan cap basah?? Nisa

      Hapus
    5. @Anonim yang ijazahnya ditahan perusahaan yang lama:
      Saya setuju dengan saran dari Anonim yang kasusnya sama dengan Anda. Tapi saya sarankan siapkan juga surat keterangan dari perusahaan yang lama yang menerangkan alasan ijazah Anda ditahan. Jangan sampai Anda dicurigai masih terikat ikatan dinas. Itu saja dari saya.

      @Nisa:
      Sama seperti di atas. Logikanya tentu saja transkrip sementara itu cukup, tapi ada baiknya disertai juga surat keterangan dari Jurusan/Fakultas/Universitas. Itu saja saran saya.

      Hapus
  74. Assalamualaikum...
    salam kenal mas amir..
    beruntung sekali rasanya saya melihat blog ini,paling tidak ada sedikit pencerahan...
    mas alhamdulillah saya llus tes administrasi, tapi sedikit was-was dan khwatir untuk tes tahap I, tes kemampuan umum, pengetahuan umum & khusus.
    kalau dianalisa pengetahuan umum itu tentang hal-hal yg terbaru yah mungkin dgn banyak membaca dan menonton berita bisa membantu, dan pengetahuan khusus mngkn tntng background study
    nah saya mau nanya tes kemampuan umum itu kira-kira apa ya mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Salam kenal juga Mbak Alfina.

      Tes Kemampuan Umum itu sepertinya tes Matematika, Bahasa Indonesia, dan sejenisnya.

      Hapus
  75. BLOG YANG SANGAT SUPERRR!!!

    Mau nanya neh Mas Amir

    Di form Daftar Riwayat Hidup ada Pertanyaan:

    5. Bila masih bekerja, apakah Anda masih terikat kontrak dengan perusahaan sekarang?

    Ane sekarang gawe sbg Calon PNS Daerah neh (berarti surat kontrak = SK Gubernur).

    Bagusnya jawab Ya / Tidak yak?

    Kayaknya ane takut bakalan langsung dieliminasi neh (-_____-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya pribadi, saya akan jawab Tidak. Menurut saya SK CPNS itu tidak sekuat ikatan kontrak. Ini opini saya pribadi ya, Mas Hideto.

      Hapus
    2. @ sekalian tanya mas,, kalau seandainya mau / proses Resign gmna ya mas? Apa tetap dijawab tidak...?

      atau jawab iya dengan ketrangan (dalam Proses Resign)??

      Terima kasih atas jawabannya mas Amir...@ Saya Syahrul.

      Hapus
    3. Kalau dalam proses resign, saya akan jawab TIDAK. Kalau nanti ditanya oleh panitia, saya akan jawab dalam proses resign. Ini opini saya pribadi ya, Mas Syahrul.

      Hapus
    4. saya syahrul maas..

      begitu,,,terus yang pengalaman kerja mas,,
      kalau awal masuk udah jelas mas, tapi kalau yang keluar? sedangkan masih berkerja sampai sekarang. di isi apa mas?

      Hapus
    5. Kalau bisa ditambahkan saja keterangan masih bekerja sampai sekarang. Kalau tidak memungkinkan, isi waktu masuknya saja. Saat ditanya panitia nanti baru Syahrul jelaskan.

      Hapus
  76. mas amir

    kira2 lama tes pertama itu brapa jam ya ? klo jdwalnya mulai jam 7.30

    terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu. Maaf sebelumnya kalau kurang membantu. :)

      Hapus
  77. Salam Mas Amir..Blog yg sangat membantu...

    Mas, saya mau nanya nih..kmren waktu daftar saya pake pendidikan S2..tapi saya baru akan lulus bulan mei 2012 ini..
    Apa itu akan jadi masalah pada saat verifikasi berkas2 nanti?
    terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu daftar pakai S2, isi IPK-nya berapa? Saya agak gak nyambung nih dengan kondisinya. Kalau memang IPK sudah keluar, Mas Ryan butuh dokumen untuk membuktikan IPK S2-nya. Kalau memang tidak, semoga saja IPK S1 dapat dipertimbangkan.

      Hapus
  78. Assalamualaykum.. Salam semangat pagi Mas Amir, thanks for this sharing.. thanks for the other commentator too.. sblm nanya2 mas amir pernah nyemplung d Datawarehouse juga tho? i'm newbie in it (bru 1 thun ini proyek di datawarehousing :) and b'coz of this project too i try to take this BI test.. and here my questions:

    1. di daftar riwayat hidup kan ada jabatan yg dilamar, wktu registrasi saya mengisi dg PCPM. Tetapi setelah alhamdulillah saya lolos seleksi administrasi dan m'download daftar riwayat hidup t'nyata ada jabatan "Programmer Muda (Pengembangan Aplikasi berbasis Web/Pengembangan Datawarehouse)" atau "Pengawas Teknologi Informasi Muda"... trnyata ada tho utk jabatan itu?? as u know i'm in datawarehousing world now. Klu di daftar riwayat hidup saya ganti isi jabatan yg dilamar dg jabatan yg saya inginkan itu gmana ya?? bwt aman saya isi PCPM skrg(#belum diprint juga siy).

    2. msh di daftar riwayat hidup, kan ada riwayat pendidikan. Nah di pendidikan tingkat SD s/d SMA ada nilai rata2, krn sdh lama dan ijasah smua(selain ijasah Perguruan Tinggi) saya simpan di rmh (#i'm trying to live apart with my parents now) jd saya ga ingat nilai rata2ny, dan krn tdk ada tanda * yg brti harus diisi, qra2 saya isi atw tidak ya? krn menyangkut nilai saya ga berani ngasih nilai qra2(it means lie), gmana baikny ya?

    3. hasil dari p'kerjaan proyek di datawarehousing saya ini perlu dimasukkan ke bag "RIWAYAT PENELITIAN/ PROGRAM/ MODEL/ PUBLIKASI" di daftar riwayat hidup ga ya? kbetulan proyekny datawarehousing di slh satu bank di Indonesia.

    4. pengalaman mas amir dlu wktu verifikasi kan ijasah SD s/d SMA ga diminta, tapi apakah wktu p'isian daftar riwayat hidup dlu di bag riwayat p'didikan ada nilai rata2 di smua tingkat p'didikan juga? it's related with my question above(point 2).

    okeh, smoga p'tanyaanny tdk 'nyebelin' :D thanks a lot bro, oiya boleh share YM? siapa tw bisa b'tukar info & pengalaman ttg datawarehousing :D


    Wassalam,
    Dee

    BalasHapus
  79. Assalamualaikum Wr.Wb salam kenal mas,

    Mas, saya mau tanya. Alhamdulillah saya lolos seleksi administrasi, dan akan mengikuti tes pengetahuan umum, dan pengetahuan khusus. yang mau saya tanyakan,
    1. Dalam CV yang sudah didownload ada pertanyaan Bila masih bekerja, apakah Anda masih terikat kontrak dengan perusahaan sekarang? itu jawabnya Ya/Tidak ya? sekarang saya masih terikat dengan salah satu perusahaan swasta. mengingat kalau saya menjawab ya, dalam surat pernyataan ada point bahwa peserta sedang tidak terikat dengan instansi manapun. mohon pencerahannya... ( takut langsung dieliminasi mas :) )
    2. untuk mengisi pengalaman kerja, seperti diketahui sekarang saya masih bekerja, apakah pekerjaan saya yang sekarang harus diisikan atau tidak?

    Terima kasih mas..

    Dai - Bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Dai,

      Logika saya seperti ini. Saya yakin ada banyak pelamar yang juga masih bekerja seperti Mas Dai. Saya pun yakin panitia dan pihak BI sadar akan hal ini. Jadi, kalau memang kita masih kontrak, menurut saya tidak ada masalah. Yang penting itu kita bisa resign tanpa hambatan. Yang dimaksud dengan terikat di sini tentu saja terikat dengan ikatan dinas. Kesimpulannya adalah Mas Dai memang TIDAK terikat dengan instansi lain meskipun Mas Dai masih terikat kontrak.

      Itu saja opini saya. Semoga membantu.

      Hapus
    2. benar mas,,, kemaren saya telp. call center nya...
      mereka juga tahu ,,jadi di tulis gpp... gk ditulis juga gpp,, intinya sesuai dengan pendaftaran online mas Dai...

      bukankah perjalanannya panjang mas, yang penting pas keterima di BI kita sudah bebas dari instansi lain.

      (ini hanya sekedar saran mas,,,semoga membantu..@Lost Child)

      Hapus
    3. Terima kasih atas tambahan informasi yang meyakinkan ini, Lost Child. :D

      Hapus
    4. @Mas Amir & Lost Child,
      Terima Kasih atas pencerahannya mas...

      Hapus
  80. aslkm mas. met pagi mas amir..
    mksi blog'a mbantu sx bwt sharing.

    saya sisit, awal'a saya iseng ikutan tes BI, tp Alhmdlh lu2s tahap registrasi. al'a saya dr institut bkn universitas, apa nti'a saya dsuruh kluar yha pas dperiksa berkas. tp saya ju2r wktu registrasi online.
    pjlnan saia jauh tuk ikut tes'a sktar 9jm. jd saya gk mw sia2. memank smua'a tgantung dr panitia, tp mnurut mas ndiri gmn y?? lg bingung.
    saya takut kecewa krn bru2 ni saya jatuh di wwcara akhir sbuah bank. pngalaman ke2 ga2l dwawancara akhir. jd kecewa banged.. tp smwa'a dah di atur ma allah.

    salam..
    mksi yha mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama jenjangnya S1 dan IPK-nya di atas 3 sepertinya tidak masalah, Mbak Sisit. Persyaratannya sendiri menyebutkan minimal jenjang pendidikan S1 kan? Gak mensyaratkan harus dari Universitas bukan? Itu saja sih pendapat saya.

      Kalau saya pribadi, 9 jam pun akan saya tempuh. Paling tidak usaha saya maksimal. Kalau pun nantinya saya ditolak saat verifikasi dokumen, saya terima saja. Intinya usaha saya sudah maksimal. Paling tidak saya bisa ketemu panitianya dan melakukan pembelaan bila nantinya saya digagalkan saat verifikasi dokumen.

      Sukses ya, Mbak Sisit.

      Hapus
  81. nem SD sm SMP harus diisi yaa? ijazah saya keselip :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diisi sebisanya saja, Mas Anonim. Untuk kasus kayak gini juga saya bingung. Maaf kalau kurang membantu. Mudah-mudahan nilai rata-rata untuk SD, SMP, atau bahkan SMA tidak penting.

      Hapus
    2. maaf mas,, cuma kasih info.. kalau di kasih y bagus kalau tidak juga gpp (yang penting nilai yang pendidikan terakhir di di isi)


      kalau kurang jelas, mas bisa telp call center...

      Hapus
  82. Assalamualaikum....
    Salam kenal Mas,
    Blog yg sangat membantu bg kita yg ingin melmr dan mau ikutn tes di BI
    Mas saya ingn tanya apakah pd waktu tes perlu dibwa ijazah dan transkrip nilai yg asli?
    Knpa dulu mas tertarik ngelamr di BI untuk posisi MLE?
    Trims ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal.

      Ijazah dan transkrip yang asli itu dibawa saat Verifikasi Keaslian Dokumen. Untuk Verifikasi Kelengkapan Dokumen sepertinya tidak perlu membawa yang asli; cukup fotokopi yang dilegalisir.

      Dulu saya tertarik melamar MLE karena menurut saya MLE itu posisinya lebih tinggi dibandingkan PCPM. Salah satu alasannya adalah karena MLE itu mensyaratkan pengalaman kerja minimal. Kebetulan saat saya apply itu ada lowongan MLE yang sesuai dengan profesi dan minat saya. Jadi sekalian saja saya apply MLE.

      Hapus
  83. blognya bagus....ternyata banyak temen2 yg lolos PCPM BI....
    ayo Qta berjuang sama2... ^^

    mas amir, aQ rada bingung sama tes kemampuan, pengetahuan umum n pengetahuan khusus...itu soalnya mencakup semua ato kita fokus ma bidang qta???
    saya lulusan matematika (sains), saya ga' gtu paham eko dsb...
    kayaknya uda banyak yg nanyai d.atas,,tpi masi rada bingung... -_-"

    satu lagi mas,,aq pernah punya pengalaman kerja, tpi aq ndag d.kasi sertifikat pengalaman kerja krn waktu itu kerja dadakan (aq jdi surveyor gtu)...
    klo ndag salah mas bilang mesti ad sertifikat gtu yaa???
    gmn dong??,,klo surat kontraknya sie aq punya,,apa lampirin itu aja kali yaa.. :D

    maksi sebelumnya mas.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya pembagian tes di Tahap 1 itu seperti ini:
      1. Tes Kemampuan Umum itu meliputi Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan sejenisnya.
      2. Tes Pengetahuan Umum itu tidak lain tidak bukan adalah tentang pengetahuan umum. :D
      3. Tes Pengetahuan Khusus itu sesuai dengan latar belakang pendidikan kita.

      Untuk sertifikat sepertinya yang dimaksud bukan sertifikat pengalaman kerja. Saya justru cenderung berpikir sertifikat yang dimaksud itu misalnya sertifikat training atau seminar yang relevan dengan profesi kita. Kalau untuk pengalaman kerja sepertinya yang relevan itu Surat Referensi (atau Surat Rekomendasi), tapi ini pun tidak mutlak harus ada karena surat ini memang tidak wajib dikeluarkan perusahaan mana pun.

      Kalau untuk kontrak sepertinya tidak perlu dilampirkan, Mas. Seumur hidup saya melamar di instansi mana pun, surat kontrak dari perusahaan sebelumnya tidak pernah diminta. Saya rasa panitia seleksi BI pun akan bersikap sama untuk hal ini.

      Hapus
  84. salam kenal mas amir..
    saya Tina. saya lulusan IT sama dengan mas amir, mw nanya apakah ujian tahap pertama gambaran soal nya sudah menjurus dengan jurusan mas?
    gambaran pengetahuan khusus d bidang IT bagaimana mas.. masi rada bingung mas,,
    mohon bantuan nya yah mas. ^_^ saya bagian PCPM nya mas,,,

    satu lagi mas, ujian tahap satu itu pure hanya pengtahuan umum dan khusus aja mas? tdk ada yang lain mas? Thanks 4 info mas.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Dari pengalaman saya ikut seleksi BI, pelaksanaan seleksi di setiap tahap itu sesuai dengan pengumuman; tidak ada tambahan apa-apa.

      2. Untuk soal yang khusus bidang IT, saya agak lupa. Yang membekas saat itu adalah soal pemrograman. Tentunya yang diminta adalah pseudocode. Ada juga soal-soal yang terkait dengan System Analysis and Design. Itu saja yang saya ingat.

      Hapus
  85. Salam kenal mas, saya juga mau share nich, saya ikut rekruitmen BI di PPM Rekruitment, saya lolos tahap seleksi pertama, untuk tahap ke dua tanggal 12 Februari besok, yang saya tanyakan ada untuk posisi yang lebih besar peluangnya yang mana mas? kebetulan saya lulusan TI, ada 4 Posisi

    1. Programmer Muda (Pengembangan Aplikasi berbasis Web/Pengembangan Datawarehouse)
    2. Pelaksana Teknologi Informasi Muda
    3.Pengawas Teknologi Informasi BPR
    4.Pengawas Teknologi Informasi Syariah

    Mohon saran ya mas lebih baik yang mana? terima kasih mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Siswo,

      Saya sendiri kurang tahu persyaratan masing-masing posisi. Dulu saat pembukaan lowongan saya sempat lihat, tapi saya sudah lupa lagi. Kalau saya pribadi akan memilih nomor 1 karena 2 hal. Pertama, saya punya pengalaman yang cukup kuat di Datawarehouse. Kedua, orang-orang yang berpengalaman di Datawarehouse itu tidak banyak.

      Itu saja yang bisa saya share.

      Hapus
    2. Makasih mas atas masukannya, mudah2an pilihan saya tepat saya mau mencoba di Pelaksana Teknologi Informasi Muda.

      Hapus
    3. Oia klo boleh tahu posisi yang di pilih mas Amir pas tes apa?

      Hapus
    4. Dulu (tahun 2007) saya apply posisi MLE yang ada hubungannya dengan Datawarehouse. Kalau sekarang saya berminat di posisi Programmer Muda itu, tapi sayangnya saya gak apply. :)

      Sukses ya, Mas Siswo.

      Hapus
  86. salam kenal mas amir..
    saya lita..kebetulan saya lolos seleksi administrasi bi,tapi kok untuk lokasi tesnya blm diinfokan,saya jadi bingung..wktu pengumuman dlu tes tgl 11 feb,tp ternyta diralat tgl 3. biasanya dimana y untuk lokasi nya? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, Mbak Lita. Untuk informasi ini sebaiknya segera hubungi Call Center saja. Saya sendiri tidak tahu informasinya. Maaf sebelumnya.

      Hapus
  87. salam kenal mas amir,
    saya mau nanya ada ga waktu itu yg ga bs lanjut gara2 legalisirnya bermasalah? soalnya saya adanya legalisir tahun 2009, klo legalisir yg baru ga akan sempet, ini juga di buat bingung oleh ppm, tanggal ujian dari tanggal 11 feb berubah menjadi 3 feb x_x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal.

      Saya kurang tahu untuk masalah ini, tapi saya pribadi berasumsi legalisir itu gak perlu yang terbaru. Selama legalisirnya itu cap basah kayaknya gak ada masalah deh.

      Hapus
    2. hooo begitu ya mas, soalnya takut juga karena saat ini yg ada hanya yg tahun 2009 :D, ga sempet klo pulang untuk ngurus ky gitu x_x, eh capnya udah kering mas, ga basah lg :D

      Hapus
    3. Saya optimis kok kalau legalisir tahun 2009 itu akan diterima panitia. Kayaknya gak ada tuh alasan yang kuat untuk menolak legalisir ijazah atau transkrip walaupun sudah lewat beberapa tahun. Sukses ya. :)

      Hapus
  88. met malam mas amir...salam kenal.


    wuaaahh ini bakalan jadi blog number 1 buat yang daftar PCPM...bahkan lebih rame dari twiter. salluuut deh mas. padahal kalo dilihat tulisan awalnya dah lama ya. makasih ya info awalnya. semoga teman-teman bisa saling share terus di sini. MARI BERJUANG!!! insya Allah besok sabtu saya juga akan tes 1 di semarang.
    sekarang lagi belajar teori komunikasi nie...hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met pagi, Mbak Ulil. Salam kenal juga dari saya. Terima kasih atas suntikan semangatnya. Jadi tambah semangat ngurusin blog nih. Sukses ya di Tahap 1.

      Hapus
  89. met siang mas,,
    saya dari tasikmalaya, mas amir saya mu nanya kan saya download kartu peserta tapi gda suruhan buat upload data keburu habis waktu downloadnya saya jd g sempet masukin foto, jd kartu peserta saya tidak memakai foto, apa ga kan ap2?? tapi karena kejadian seperti itu saya tidak mendapat ruangan tes, apa maksudnya saya gugur atau gimana??mksh kalo bersedia menjawab,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dari Jakarta. :)

      Saran saya untuk foto di Kartu Peserta Tes itu tempel saja yang ada. Kayaknya gak ada bedanya antara pakai foto yang kita upload dan foto yang kita tempel manual.

      Untuk ruangan tes, coba cek lagi website-nya. Kadang beda waktu kita cek website-nya, beda juga tampilannya. Mudah-mudahan pas lagi cek pas lagi kebuka. Kalau udah kepepet, langsung aja telpon Call Center-nya. Jangan sungkan ya, Mas. Saya dengar banyak cerita positif mengenai pelayanan di Call Center-nya. Mudah-mudahan informasi lokasi tes juga bisa didapat dari Call Center ini.

      Hapus
  90. Wow, blog yang top banget mas Amir. Saya jadi gak buta banget nanti tes BI akan gimana. Terimakasih banyak telah meluangkan waktu untuk jawab banyak pertayaan yang bermanfaat untuk kami. Tapi saya masih bingung sama Tes Kemampuan Umum dan Tes Pengetahuan Umum, mas.

    Dimanakah soal tes yang akan berbau perbankan dan ekonomi? Di tes pengetahuan umum kah? Saya ikut yang MLE dengan background Komunikasi, yang jarang-jaraaaaaaaang banget dibuka di BI. Jadi gak ada temen yang bisa diklarifikasi hehehe.Dan saya amat buta dengan ekonomi serta perbankan. Kira-kira buku apa yang bisa saya baca sehingga dalam waktu 2 minggu saya bisa mengetahui minimal pengetahuan dasar perbankan dan ekonomi?

    Nah satu lagi mas, ini pengumuman yang saya dapat:

    dinyatakan lolos seleksi administrasi dan dapat mengikuti Seleksi Tahap 1 dan 2 yaitu Tes Kemampuan Umum, Pengetahuan Umum, Pengetahuan Khusus, Tes Bahasa Inggris (pendahuluan) dan Tes Psikologis Tertulis, pada:
    Hari MINGGU
    Tanggal 12 FEBRUARI 2012

    Nah lo, itu Tes kemamouan Umum, Pengetahuan Khusus, Bahasa Inggris, dan Psikologi bareng semua gituh? Alamat mabuk soal kalo ini mas...Pengalaman mas Amir gimana?

    Mohon pencerahannya mas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Untuk soal-soal tentang ekonomi dan perbankan kayaknya ada di Tes Pengetahuan Khusus. Ini cuma tebakan liar ya, Mbak Eno. Harap tidak dipercaya 100%. :) Saya waktu melamar MLE juga bingung dengan soal-soal ekonomi dan perbankan, tapi nyatanya saya lolos sampai wawancara. Sepertinya penilaiannya tetap proporsional melihat latar belakang pendidikan dan pekerjaan kita. :)

      2. Gak mungkin tuh, Mbak Eno. Tes psikologis itu biasanya berdiri sendiri. Kalaupun digabung dengan tes lain, kayaknya hasil tes psikologis ini bakal gak akurat karena mental peserta tes tidak lagi prima. Mungkin itu hanya kesalahan sistem saja, Mbak Eno. Coba Mbak Eno tunggu dulu beberapa jam kemudian cek lagi website pengumumannya. Mungkin saja sudah berubah menjadi normal. Kalau memang masih belum dan sudah tidak ada waktu lagi, hubungi Call Center.

      Hapus
  91. Selamat siang mas. Saya mau bertanya perihal kelengkapan dokumen. Mohon kesediaan waktu dan kerelaan hati mas Amir untuk sudi kiranya menjawab pertanyaan saya.

    1. Nama yg saya input sewaktu registrasi online adalah 'Mira Kusuma Siregar'. Namun saya baru sadar ternyata yg diminta adalah nama sesuai KTP, sdgkan nama di KTP saya 'Mira Kusuma'. Apakah ada kemungkinan saya juga diharuskan utk meninggalkan ruangan krn nama tidak sesuai/persis di KTP? tetapi di ijazah, nama saya 'Mira Kusuma Br. Siregar'

    2. Mengenai ITP TOEFL, sewaktu mendaftar saya tidak tau kalo TOEFL yg diminta adalah ITP dgn logo ETS. Karenanya, saya memasukkan score dari sertifikat TOEFL yg diadakan oleh kampus saya. Apakah krn memasukkan score dari sertifikat yg bukan ITP TOEFL, saya juga memiliki kemungkinan untuk meninggalkan ruangan sebelum test dimulai?

    Terimakasih sebelumnya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan di atas sebenarnya tergantung kebijakan panitia ya, Mbak Mira. Kalau menurut saya pribadi, 2 kesalahan Mbak Mira itu masih bisa dijelaskan saat verifikasi dokumen. Kalau dari pengalaman saya pribadi, panitia seleksi BI itu gak terlalu rese kok. Yang penting kesalahannya jangan fatal saja.

      Walaupun nama yang diinput tidak sesuai KTP, tapi masih bisa dibuktikan dengan ijazah kan? Di KTP dan ijazah pun ada foto kan? Fotonya pasti mirip donk. Terus untuk TOEFL coba jelaskan saja kalau Mbak Mira itu salah persepsi. Kalau memang dianggap TOEFL dari kampus Mbak Mira itu tidak sah, Mbak Mira langsung saja bersedia ikut TOEFL yang diadakan panitia.

      Kesalahan Mbak Mira bukan kesalahan fatal kok. Kalau pun dipaksa meninggalkan ruangan, jangan pergi tanpa memperjuangkan ya. Semangat! :D

      Hapus
  92. saya Wulan. salam kenal.blog yg sangat bermanfaat dlm berbagi.
    mas Amir,mo tanya,ktika dftar BI mas mnyertakan srat referensi ttt ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, Mbak Wulan. Terima kasih sudah mampir. Jawaban dari pertanyaannya Mbak Wulan adalah TIDAK. Saya tidak menyertakan Surat Referensi dari instansi atau individu mana pun. Memang saya sendiri tidak punya dan agak malas repot-repot mengejar surat seperti ini untuk melamar kerja. :)

      Hapus
  93. Ass. salam kenal mas amir. btw, saya satu instansi dengan mas amir. heheheh. yang mau saya tanyakan adalah: saya lagi bimbingan skripsi S1 di salah satu universitas. nah, BI kan mensyaratkan harus lulus. tapi saya ngakalin (saking ngototnya, hehehhe ...) dengan bikin surat keterangan dari kampus bahwa saya sedang bimbingan skripsi dan saya tetap melampirkan transkrip nilai namun tanpa nilai skripsi. menurut logika mas amir, apakah ini diperkenankan? karena saya udah benar2 menunggu PCPM ini. terima kasih sebelumnya. salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Salam kenal juga, Mas Anonim yang satu instansi dengan saya. Dari STAN ya, Mas? :D

      Langsung ke pertanyaannya ya. Menurut saya kemungkinan besar akan ditolak, Mas. Maaf ya kalau jawabannya agak nyelekit. Kayaknya panitia seleksi gak akan tolerir sejauh itu deh. Kalaupun tidak ditolak oleh panitia, kemungkinannya Mas Anonim akan ditolak oleh pihak BI sendiri. Lebih baik menunggu PCPM berikutnya, Mas Anonim.

      Kopdar yuk. :D

      Hapus
    2. Salam.cuma saran aja. kalo mang tertarik bgt ke BI, dg kondisi mas anonim sekarang, lbh baik ambil magang di BI, smbari skripsi selesai, dpt jaringan dan pengalaman, dan insya Allah msh ada PCPM selanjutnya.

      Hapus
  94. Assalamualaikum mas....
    Salam kenal ya,...
    Terbantu banget dengan adanya blog ini mas sekalian bisa tanya-tanya sama yg udah pengalaman ikut tes BI.aku jd pengen ikut nanya nih (^_^)
    Mas kalau untuk daftar riwayat hidup ada kolom pengisian gaji terakhir itu maksudnya gaji pokok atau gaji total ya?rada2 bingung nih...

    trims ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.

      Kalau saya akan mengisi gaji total atau take home pay per bulan saja. Itu pun yang memang bisa dibuktikan ya. Jadi kalau ada honor-honor bulanan yang tidak rutin tentu saja tidak akan saya masukan.

      Hapus
  95. Hallooo mas amir.... blognya sangat beruna sekali,,, maksih mas.... saya mau tanya neeh... Tes Kemampuan Umum BI apa sama kayak Tes Potensi Akademik (TPA) yang dari bappepam?? yang susahnya banget bangeeeet....
    maksih mas atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga.

      Betul sekali. Tes Kemampuan Umum itu seingat saya mirip dengan Tes Potensi Akademik, tapi kalau masalah tingkat kesulitan saya gak bisa pastikan.

      Hapus
  96. Terima kasih banyak mas, atas sharing dan tulisan2x di blognya. Sukses selalu ya buat mas amir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Terima kasih atas do'anya.

      Hapus
  97. mas amir. saya mencoba melamar ke PCPM BI kemudian di nyatakan lolos selekasi untuk ikut tes tanggal 12 februari... saya ingin bertanya untuk tes kemampuan umum, pengetahuan umum dan tes kemampuan khusus itu untuk tiap tes nya diberi tolerasi waktu berapa lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah waktu tes, saya tidak bisa menjawab sama sekali. Maaf sebelumnya. :)

      Hapus
  98. assalamu alaikum wr.wb.
    Mas, utk rekrutmen capeg BI, apakah tinggi dan berat badan sangat diperhatikan oleh bank indonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr. wb.

      Sepertinya tinggi dan berat badan tidak ada pengaruhnya secara signifikan. Kalau untuk tes kesehatan mungkin saja, tapi konteksnya tentu berbeda.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  99. mas amir, sy diah n mo nanya jg nih, gmn ya klo saat ini sy msh terikat kontrak dengan slh satu bank swasta n ijazah sy jg msh ditahan smp 1thn kedpn.

    Sy minta saran nih, mas apakah sy ttp lanjutkan ikt tes tgl 11 feb ini ato mundur aja krn msh terikat ikatan dinas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjutkan! :D _serasa kampanye_

      Masih memungkinkan untuk resign gak, Mbak Diah? Kalau memang masih memungkinkan, berarti Mbak Diah gak perlu bersilat lidah saat ditanya status pekerjaan sekarang. Mbak Diah cukup bilang bahwa Mbak Diah bisa resign. Dengan begitu, harapannya adalah (saya tegaskan bahwa ini adalah harapan) Mbak Diah akan lolos verifikasi dokumen dan diperbolehkan ikut tes.

      Walau bagaimana pun, ikut tes seperti ini adalah pengalaman berharga, apalagi seleksi yang diikuti adalah seleksi BI. Kalau memang memungkinkan, coba ikut saja. Gagal atau tidak itu kan akhirnya urusan belakangan. Yang pasti Mbak Diah bisa melihat dan merasakan langsung tingkat kesulitan tes di tahap 1 ini.

      Itu saja dari saya.

      Hapus
    2. Fa'iz - Banten!

      Assalamualaikum...mas!!
      Satu persatu saya baca pertanyaan dan jawabannya!!
      Cuma ada satu hal yg ingin sy tanyakan untuk memperdetail pertanyaan bagi yg tdk memiliki sertifikat TOEFL..

      "Untuk setiap test nya insyaallah sy optimis... Hanya saja untuk test TOEFL yg diselenggarakan di BI sy pesimis..., sy berusaha belajar Otodidak dari Buku Panduan Toefl,,,"

      Mohon bantuannya " bagaimana sih kisi2 toefl, apakah hampir sama dengan yg di Buku Guide Toefl-nya...?" trik/tips agar sy optimis menjalani tes bahasa inggris baik pendahuluan maupun TOEFL..

      Terimaksih...

      Hapus
    3. Wa'alaikumsalam, Mas Fa'iz.

      Untuk TOEFL ITP, saya sempat sharing pengalaman saya lewat: Pengalaman mengikuti TOEFL ITP dan Tips Mengikuti TOEFL ITP. Untuk persiapan TOEFL ITP sendiri sepertinya sangat bergantung pada karakter masing-masing orang.

      TOEFL ITP itu menguji 3 keterampilan, yaitu mendengar, menulis, dan membaca. Belajar otodidak itu memungkinkan sekali. Kalau Mas Fa'iz mau belajar dari buku-buku panduan TOEFL, saya rasa tidak masalah. Yang penting 3 aspek itu tetap dilatih. Jangan sampai terjebak di soal-soal yang hanya melatih keterampilan menulis dan membaca saja.

      Buku guide TOEFL itu memang mirip dengan soal-soal TOEFL, tapi saya rasa Mas Fa'iz bisa temukan soal serupa di Internet. Coba saja Googling dengan keyword "toefl preparation course". Saya yakin Mas Fa'iz bisa temukan soal-soal latihan untuk TOEFL ITP.

      Itu dulu dari saya. Semoga membantu.

      Hapus
  100. Assalamu Alaikum Wr.Wb. Salam kenal mas amir..
    Mas, sertifikat TOEFL yg digunakan sbg persyaratan seleksi Bank Indonesia itu masa berlakunya berapa lama? Kan dipengumumannya cuma menampilkan "masih berlaku sampai dengan tanggal 9 Januari 2012", dan tidak ada masa berlakunya (bulan atau tahun).
    Terima kasih atas jawabannya..

    Mohon doanya saya bisa lulus seleksi calon pegawai bank indonsesia (PCPM 30). Aamiin.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr. wb.

      Salam kenal juga, Mas. Untuk masa berlaku TOEFL ITP itu umumnya 2 tahun. Hal ini memang tidak tertera secara eksplisit di sertifikatnya. Kelihatannya aturan main ini lebih cenderung merupakan kesepakatan ketimbang aturan baku. Jadi, kalau sertifikat yang kita punya itu tanggalnya di atas 9 Januari 2010 berarti sudah OK.

      Itu saja dari saya.

      Hapus
    2. terima kasih untuk jawabannya, mas. Semoga sukses...

      Hapus
  101. Halo mas Amir...
    Sebelumnya saya mau ngucapin makasih dan salut banget karena udah sabaaaaar banget jawabin pertanyaannya satu2 hehe...
    Mungkin udah ada yang nanya mas, tapi saya nggak baca satu2 (panjang banget mas), untuk tes pengetahuan khusus itu tes berdasarkan background kuliah atau kerjaan? saya apply MLE. Background sekolah saya ekonomi, tp karena udah 4 tahun kerja di marketing & PR, saya ambil yg humas. Mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Mbak Amira.

      Makasih dah mau mampir. Kebetulan saya juga dulu pernah coba apply MLE. Sebenarnya Tes Pengetahuan Khusus itu lebih cenderung ke tes berdasarkan jenis lowongan yang kita lamar. Tapi karena posisi yang kita lamar itu selaras dengan background kuliah atau pengalaman kerja, kecenderungannya jadi rancu. Jadi, kalau Mbak Amira itu apply Humas, seharusnya ada soal-soal yang terkait dengan Humas. Tapi untuk seseorang yang sudah 4 tahun di PR sih kayaknya gak bakal ada masalah sih.

      Lain cerita kalau PCPM ya, Mbak Amira. Kalau PCPM itu kayaknya soal-soalnya bakal disesuaikan dengan pendidikan terakhir yang kita ajukan saat apply. Kira-kira begitu sih. Kalau jawaban saya kurang tepat, mohon maaf. :D

      Itu saja dari saya.

      Hapus
  102. Mas Amir numpang ya..

    mau tanya ke temen2, untuk daftar riwayat hidup di kolom jabatan yang dilamar dan kolom kode diisi seperti apa ya? mohon petunjuk! takut keliru :D

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan informasi dari pelamar lain, di dalam file Word yang diunduh itu kita bisa pilih kolom jabatan dan kolom kode dari drop down list. Pilihan kita tentunya sesuai dengan jabatan yang kita apply.

      Hapus
  103. Mas Amir, pertama terima kasih atas blognya, bagus banget nih.

    Saya ada yg bingung nih mas.

    Ketika pertama kali register pilihannya itu PCPM atau MLE kan.

    Karena waktu itu di bagian MLE kalo gak salah gak ada lowongan buat TI, makanya saya pilihnya yg PCPM.

    Nah gak tahunya di bagian CV pada input pilihan jabatan yang dilamar, ternyata ada pilihan untuk TI dan ketika dipilih kodenya yg muncul itu MLExxx. Itu gimana yah? Sebaiknya pilih PCPM atau pilih yg sesuai pendidikan kita?

    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau mulus sih kayaknya lebih baik isi CV sesuai registrasi, Mas/Mbak Anonim. Kalau panitianya memang cross-check dokumen kita dengan isian saat registrasi, bukan gak mungkin perubahan pilihan jabatan itu bakal dipermasalahkan. Kira-kira itu pendapat saya. Pilihannya tetap saja ada di tangan Mas/Mbak Anonim.

      Hapus
  104. Asslm mas...

    Slm kenal y

    Saya mau tanya nih, klo tes psikotesnya mengenai apa ja ya mas...?

    Makasi sblmya ya mas... BTw, salut nih bwt mas yg dh mau ngejawab pertanyaan2, Smga Tuhan membalas kebaikan mas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.

      Maaf sebelumnya. Saya sudah lupa detail isi psikotesnya dulu. Tesnya sudah lama sekali. :)

      Hapus
  105. salam kenal mas amir dan rekan2 yg ikut PCPM BI tahun 2012..

    saya dita dari surabaya mas..
    blog ini membantu bgt memberikan pencerahan salut buat mas amir..

    alhamdulillah saya lolos tes tahap II besok tgl 25 feb 2012 saya mengikuti seleksi berikutnya yaitu tes bahasa inggris (pendahuluan) dan psikologi tertulis..menurut mas amir, test bahasa inggris pendahuluan itu apakah seperti TOEFL dan psikologi tertulis itu seperti apa ya mas??

    mohon jawabannya ya mas..mengingat saya testnya sudah besok..:D

    -mau share pengalaman aja..kalo yg kemaren test pengetahuan umum dan khusus smua testnya mengarah ke bidang ekonomi. pengetahuan umum itu sudah spesifik tentang ekonomi..sementara background pendidikan saya komunikasi tapi alhamdulillah lancar. untuk pengetahuan khususnya spesifik mengenai dunia perbankan. semoga bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, Mbak Dita dari Surabaya.

      Untuk Tes Bahasa Inggris Pendahuluan dapat dipastikan tidak akan seperti TOEFL ITP karena TOEFL ITP itu kan bakal ada di tahap selanjutnya. Kalau untuk Tes Psikologi Tertulis sepertinya sama dengan Psikotes pada umumnya. Itu saja dari saya.

      Terima kasih sudah berbagi perihal tes sebelumnya. :)

      Hapus
  106. Hi Mas Amir...
    mau nanya2 lagi nih...
    Saya lihat di daftar 6 steps itu nggak ada FGD ya mas?
    Saya lolos MLE dan hari ini akan ada FGD.
    Kiranya bisa dishare FGD itu seperti apa dan kita harus bagaimana karena saya belum pernah ikutan FGD sama sekali sebelumnya.

    Terima kasih banyak ya mas.

    Dira

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf telat balas, Mbak Dira.

      Mudah-mudahan sukses ya FGD-nya. :)

      Hapus
  107. Mas AMir.....
    Untuk tahapan diskusi kelompok dan wawancara individual, apa saja yang harus dipersiapkan? kira2 untuk diskusi kelompok, kasus atau topik apa yang akan menjadi bahan diskusi? lalu dalam wawancara individual, apa saja bentuk pertanyaan yang pernah mas lalui? mohon infonya yah... terima kasih.

    -ks-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas/Mbak ks,

      Untuk diskusi kelompok, saya sudah lupa detailnya. Tapi waktu saya ikut seleksi sih saya gak pakai persiapan yang spesifik. Yang penting di diskusi kelompok itu setahu saya berani bersuara dan menyatakan pendapat dengan logis.

      Untuk wawancara individual, saya kurang tahu detailnya untuk PCPM. Dulu saya ikut MLE dan pertanyaan yang ditujukan ke saya itu mayoritas pertanyaan-pertanyaan teknis sesuai jabatan yang saya lamar. Saya berasumsi kalau untuk PCPM itu pertanyaannya akan lebih luas cakupannya.

      Itu saja dari saya.

      Hapus
  108. Mas Amir,,,

    ada yang ingin saya tanyakan.
    Kalo untuk FGD biasanya satu tim terdiri dari berapa orang? lalu itu ada beberapa kasus atau cuma satu kasus saja yang dibahas? dan untuk wawancara individual apakah yang menginterview tim dari BI langsung atau tim dari PPM?

    terima kasih banyak mas..

    (sisty)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk FGD, hanya satu kasus saja. Untuk wawancara, dilakukan oleh tim BI. Itu saja dari saya.

      Hapus
    2. Budi Tjahyono13 Maret 2012 12.02

      Salam kenal mas Amir,

      Waktu tahap psikiatri apa saja yg yg perlu disiapkan?

      Dan untuk wawancara akhir.. Hal-hal apa saja yang ditanyakan?

      Trima Kasih

      -Budi T-

      Hapus
    3. Salam kenal, Mas Budi Tjahyono.

      Untuk tahap psikiatri saya maju tanpa persiapan spesial, Mas. Pedoman saya adalah menjawab dengan konsisten. Kalau tidak salah, tes psikiatri ini berisi pertanyaan yang sama dengan urutan jawaban yang berbeda. Jadi, saya rasa konsisten dalam jawaban adalah hal yang penting. Dan cara untuk konsisten yang paling mudah adalah menjawab dengan jujur.

      Untuk wawancara akhir, berhubung saya ikut seleksi MLE, pertanyaan-pertanyaannya bersifat teknis dan spesifik ke jabatan terkait. Untuk PCPM, saya sendiri tidak tahu. Mohon maaf sebelumnya.

      Itu saja yang bisa saya sampaikan.

      Hapus
  109. Halo Mas Amir,
    Sebelumnya, saya sangat berterimakasih soalnya tulisan mas ini sangat-sangat membantu kami.

    Saya Merlyn. Ini lg fighting juga untuk bisa masuk jd karyawan BI lewat PCPM. Mas dulu ikut MLE yang angkatan brp?

    Lagi deg-deg an nih mas nunggu pengumuman tahap Diskusi Kelompok sama Wawancara Individual kmrn, diumuminnya sih tgl 30 maret besok. Mohon doanya ya mas.

    Mau tanya nih mas, untuk tes kesehatan: apakah ada tes buta warna, tes gigi juga? denger-denger gigi kita ga boleh berlubang. Apakah memang begitu?

    Ini saja dulu mas pertanyaan saya, mungkin nanti akan menyusul pertanyaan2 selanjutnya (kalo lolos) hehe.. Matur suwun mas atas bantuannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lupa MLE angkatan berapa. Yang saya ingat itu saya ikut seleksi tahun 2007. Untuk tes kesehatan saya sudah lupa rinciannya. Bahkan bisa dibilang ingatan saya sudah campur aduk akibat mengikuti terlalu banyak tes. Yang bisa saya share hanya yang terantum dalam tulisan di atas. Selebihnya saya tidak bisa membantu banyak. Maaf sebelumnya.

      Hapus
    2. Hallo mas Amir,
      mau ikut nimbrung nanya nih mas, :)
      untuk tes psikiatri n tes kesehatan itu masing2 berapa lama ya mas..
      Kemudian untuk interview dg user, itu juga berapa jam ya?

      Trus minta share nya mas, dulu pas interview dg pihak BI pelajaran apa si yg bisa diambil, misalnya 'wah dulu tuh harusnya begini' atau 'dulu tuh harusnya ga boleh begini'.. Terus terang saya trauma dg interview, beberapa kali saya ikut tes dg proses panjang, jatuhnya di tahap akhir, which is interview, hehehe.. Mohon sharenya mas, terima kasih sebelumnya.

      Hapus
    3. @YR:
      Tes kesehatan itu agak lama karena antriannya panjang. Kayaknya setengah hari (kerja) gak cukup deh. Kalau tes psikiatri itu kayak ujian biasa. Seingat saya durasinya 2 jam.

      Untuk interview sepertinya tidak sampai 1 jam. Saya mau aja share, tapi kayaknya beda deh. Soalnya saya ikut MLE dan isi interview-nya mayoritas hal teknis. Setahu saya di PCPM gak seperti itu wawancaranya.

      Saya pun bisa dibilang trauma dengan interview. Kondisi kita cukup mirip tuh: gagal di wawancara. Satu hal yang pasti, sukses di wawancara itu adalah meyakinkan user bahwa memang kita yang dicari; baik dari karakter, wawasan, maupun pengalaman kerja. Persiapan paling jitu tentu saja dengan mengetahui karakter user itu sendiri.

      Mengetahui karakter user itu sendiri memang hampir gak mungkin kita lakukan sih. Jadi yang bisa kita siapkan adalah dengan mengetahui karakter jabatan yang kita lamar. Dengan begitu kita menyiapkan karakter, wawasan, dan pengalaman kerja yang paling relevan dengan karakter jabatan yang kita lamar. Intinya adalah meyakinkan user bahwa kita adalah orang yang tepat untuk jabatan yang kita lamar itu.

      Dalam kasus saya pribadi, saya merasa kurang bagus menjelaskan kapabilitas teknis saya. Itu kekurangan saya. Yang dicari di MLE kan orang yang kuat di wawasan dan pengalaman kerja yang relevan. Saya justru merasa kurang menjelaskan hal tersebut.

      Itu saja dari saya. Semoga bermanfaat.

      Hapus
    4. Oo begitu,wahh terima kasih banyak,
      Saya MLE juga nih mas..hehe
      Yang nginterview 4 orang ya, masyaalllah bangettt.

      thumbs up banget buat mas amir, yang nanya bener2 dijawab satu2..^^
      Terima kasiiiih. Insyaallah bermanfaat.^^

      Hapus
    5. Betul sekali, Mas/Mbak YR. Seingat saya yang interview saya dulu juga 4 orang. Saya apply untuk posisi Data Warehouse dan pertanyaan yang dicecar itu seputar Data Warehouse. Dari awal sampai akhir wawancara saya merasa hanya hal seputar Data Warehouse saja yang ditanyakan. :)

      Alhamdulillah. Senang bisa bermanfaat.

      Hapus
  110. mas Amir, saya mau nanya lagi nih.
    Untuk interview user, apakah ditanyakan ilmu waktu jaman kuliah atau aplikasi saat kita kerja? saya apply utk MLE. Kemudian, jarak dari interview ke pengumuman kelulusan waktu jaman mas berapa lama?
    makasih banyak atas infonya.

    Amira

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat saya diwawancarai, mayoritas pertanyaan lebih cenderung ke pengalaman kerja ketimbang topik lainnya. Untuk jarak interview dengan pengumuman kelulusan, saya tidak ingat. Maaf sebelumnya. :-)

      Hapus
  111. mas, mau tanya. saya kmrn baru saja tes kesehatan untuk PCPM 30 BI, dan saya dengar isu adanya batasan minus itu maksimal 4 dan diatas itu bisa ngga lolos MCUnya. apakah benar? saya jadi sedih mengingat perjuangan sudah sampai sejauh ini,mohon pencerahanya. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pertanyaan di atas, saya tidak bisa memberikan jawaban apa pun. Saya sendiri tidak menggunakan kaca mata. Jadi saya sama sekali tidak tahu perihal batasan minus untuk MCU itu.

      Maaf kalau kurang berkenan.

      Hapus